Breaking

Sabtu, 27 Juni 2015

Mengenal Keluarga Woodwind

             Woodwind sendiri sebenarnya sudah saya bahas secara singkat pada artikel saya yang berjudul Mengenal alat musik tiup . Tapi kali ini akan saya bahas secara menyeluruh tentang alat musik woodwind (alat musik terbuat dari kayu) ini. Woodwind, merupakan suatu instrumen/alat musik yang terbuat dari kayu, tetapi banyak dari anggotanya yang terbuat dari metal. Instrumen tersebut menghasilkan suara dari celah sempit yang ditiup oleh pemainnya sehingga ada getaran dan menghasilkan bunyi. Sumber bunyi pada alat musik ini dinamakan reed/bambu tipis yang dipasang pada mouthpiece. Getaran yang ditentukan oleh panjang tabung dan dimodifikasi secara manual panjang efektif kolom getar udara, panjang pendek efektif tersebut biasanya dihubungkan dengan key (klep) untuk memodifikasinya, biasa dengan cara menekan klep, key, atau pad.

             Ya seperti itu cara kerja instrumen woodwind secara umum. Sekarang mari kita bahas, siapa saja yang termasuk kedalam keluarga woodwind. Keluarga woodwind sendiri merupakan instrumen yang bersifat melodic instrumen, artinya instrumen ini bersifat melodis bukan ritmis (gitar,dan lain-lain). Sekarang ini, alat musik woodwind hampir sama tenar nya dengan instrumen Brasswind , yaitu instrumen yang biasa dipakai untuk komposisi musik ensemble, dan orkestra. Tetapi tidak menutup kemungkinan instrumen woodwind dimainkan secara single player . Tidak kalah dengan brasswind, instrumen woodwind juga sangat beragam, diantaranya : flute, clarinet, oboe, faggot basson, dan saxophone.

Jenis instrumen woodwind ada 2 macam, yaitu reed tunggal, dan reed ganda.

Reed tunggal 

Instrumen/alat musik ini menggunakan sebuah reed , biasanya terbuat dari kayu atau bambu tipis, rotan, ataupun plastik/sintetis yang diikat pada mouthpiece khusus (diikat dengan ligature). Saat udara ditiupkan di antara reed dan mouthpiece, reed akan bergetar dan getaran itulah yang menghasilkan suara. Instrumen dengan reed tunggal di antaranya adalah klarinet dan saksofon.

Reed ganda

Instrumen/alat musik jenis reed ganda menggunakan dua buah reed yang saling menjepit satu sama lain, saat ditiup kedua reed tersebut akan menghasilkan getaran sehingga instrumen tersebut menghasilkan suara/bunyi. Instrumen yang termasuk dalam kategori reed ganda adalah oboe. Ada dua jenis sub kategori:

  • Double reed exposed, reed terletak pada bibir pemain. Termasuk ke dalam jenis instrumen musik ini adalah oboe, bassoon.
  • Double reed capped, reed terletak pada lubang dan ditutup dengan penutup khusus. Untuk memainkannya pemain meniupkan udara ke dalam lubang tersebut. Termasuk dalam jenis ini contohnya adalah jenis-jenis bagpipe, yaitu instrumen musik tradisional Inggris dan Skotlandia.



1. Flute

Salah satu instrumen woodwind juga ada yang memiliki dua sub kategori , yaitu flute. Flute, merupakan jenis instrumen musik yang menghasilkan suara saat udara ditiup pada sisi dari dari lubang khusus yang terdapat pada badan instrumen. Terdapat dua sub kategori pada jenis instrumen musik ini:



  • Open flute, merupakan jenis flute yang umum dikenal instrumen yang saat dimainkan, bibir pemain membentuk suatu aliran udara pada sisi sehingga menimbulkan resonansi suara. Contoh yang paling menyerupai dalam hal ini, adalah ketika akan menghasilkan bunyi saat meniup sebuah botol.
  • Closed flute, merupakan jenis flute yang umum, yang saat instrumen dimainkan, udara yang ditiupkan oleh pemain, akan dibentuk oleh instrumen dan mengarahkan pada celah khusus sehingga menghasilkan bunyi. Contoh jenis ini yang umum dikenal adalah peluit dan rekorder.



2. Klarinet

Klarinet merupakan keluarga woodwind instrumen terbesar, dengan ukuran dan pitch yang berbeda-beda. Nama klarinet diambil akhiran "et", dalam bahasa indonesia berati kecil, dan pada awal kata yaitu "clarino" berasal dari bahasa italia yang berarti "trumtet". Kata klarinet umumnya merujuk pada soprano klarinet (klarinet key B♭), yang merupakan klarinet paling umum dimainkan. Pemain klarinet disebut klarinetis.
 
Ada banyak jenis klarinet, beberapa sangat langka.

  • Piccolo clarinet kunci (key) A.
  • Soprano clarinet kunci (key) E, D, C, B, A and G.
  • Basset clarinet kunci (key) A.
  • Basset horn kunci (key) F.
  • Alto clarinet kunci (key) E.
  • Bass clarinet kunci (key) B.
  • Contra-alto clarinet kunci (key) EE.
  • Contrabass clarinet kunci (key) BB.


3. Oboe


Oboe adalah instrumen reed ganda yang temasuk kedalam keluarga woodwind. Oboe paling umum dimainkan dengan tone pada kisaran treble atau sopran. Oboes biasanya terbuat dari kayu, tetapi ada juga oboes terbuat dari bahan sintetis. Soprano oboe berukuran sekitar 65 cm (25½ inchi) panjang totalnya, dengan key pad nya terbuat dari metal. Suara dihasilkan dengan meniup reed dan kolom udara  bergetar. Nada khas oboe adalah "bright tone".




4. Faggot Bassoon

Faggot bassoon merupakan salah satu keluarga woodwing yang memiliki suara bass (rendah). Instrumen ini cukup besar dengan panjang sekitar 1 meter. Instrumen ini terbuat dari resin. Instrumen ini biasa digunakan untuk pengiring instrumen lain pada ensemble band, ataupun orkestra.







5. Saxophone

Saxophone merupakan salah satu keluarga woodwind yang terbuat dari bahan metal (brass). Saxophone merupakan instrumen dengan reed tunggal, dengan pengaturan suara (kolom getar) dengan pad yang ditekan (terbuka/tertutup). Saxophone juga merupakan instrumen yang cukup populer saat ini, merupakan ciri khas dari musik bergenre jazz. Saat ini saxophone yang paling umum digunakan adalah Soprano (Bb), Alto (Eb), Tenor (Bb), dan Baritone (Eb). Pemain saxophone/saksofon, disebut saxophonist/saksofonis.

Ya, mungkin cukup sekian penjelasan tentang Keluarga woodwind dari saya, semoga artikelnya bermanfaat. Terima kasih .





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

close