Breaking

Kamis, 23 April 2015

Mengenal Keluarga Brasswind

           Brasswind, tentang brasswind sendiri waktu itu sudah pernah saya bahas pada tulisan saya yang berjudul Mengenal Alat Musik Tiup. Tapi kali ini saya khusus membahas "keluarga brasswind secara keseluruhan. Oke kita ulas lagi, brasswind merupakan bagian dari alat musik tiup yang mouthpiece dan bahan pembuat bodi nya terbuat dari metal (biasanya kuningan), tetapi pada zaman dahulu instrumen yang tergolong brasswind dibuat dari tanduk atau gading. Instrumen brasswind, mendapatkan sumber bunyi dari mouthpiece yang mengandung suatu jenis resonator, biasanya suatu tabung yang kolom udara didalamnya digetarkan dengan cara meniup ujung mouthpiece. Getaran yang ditentukan oleh panjang tabung dan dimodifikasi secara manual panjang efektif kolom getar udara, panjang pendek efektif tersebut biasanya dihubungkan dengan key (klep) untuk memodifikasinya, biasa dengan cara menekan klep, key, valve, ada juga dengan menggeserkan kolom udara dengan cara ditarik dan didorong (slide).

           Oke mungkin seperti itu, bagaimana cara kerja instrumen brasswind pada umumnya. Sekarang mari kita bahas, siapa saja yang termasuk kedalam keluarga brasswind. Keluarga brasswind merupakan alat musik orkestra seperti woodwind. Hanya saja, brasswind lebih beragam daripada woodwind pada umumnya. Keluarga brasswind ada banyak diantaranya : trumpet, cornet, french-horn, trombone, tuba, harmonika, eufonium, dan mellophone. Keluarga brasswind tersebut juga terbagi lagi dalam beberapa key not, seperti key C, Bb, Eb dan lain-lain. Oleh karena itu keluarga brasswind sangat banyak. Oke mari kita bahas satu persatu keluarga brasswind tersebut.


1. Trumpet

Merupakan alat musik tiup yang corong untuk keluarnya suara terletak didepan. Trumpet sangat familiar dalam band jazz, pop funk dan orkestra. Trumpet memiliki 3 klep/key, meskipun memiliki 3 key saja, tapi trumpet dapat menghasilkan suara yang menakjubkan. Jordy Waelauruw merupakan salah satu trumpetist Indonesia yang tergabung dalam band jazz BLP.






                                                      Bagian-bagian tumpet



                                                       Jordy Waelauruw dengan trumpet custom'an nya


2. Cornet

Merupakan alat musik tiup yang serupa dengan trumpet pada umumnya, hanya saja instrumen ini lebih pendek daripada trumpet. Instrumen ini juga memiliki 3 valve, tetapi memiliki bunyi yang lebih melengking. Instrumen ini juga sering dipakai oleh band orkestra.



3. French-horn,

Alat musik yang sering dipakai di band orkestra juga, alat musik ini memiliki bentuk yang unik. Sama seperti Keluarga Brasswind yang lainnya juga, alat musik ini memiliki 3 katup pengatur nada. French horn pada umumnya menggunakan kunci F (key F).



4. Trombone,
Alat musik ini merupakan "jodoh" nya si trumpet dan si cornet. hehe. Yup, karena trombone sebagai bass dari trumpet dan cornet. Jika tidak ada si trombone serasa ada yang kurang dalam sebuah orkestra band, Trombone ada 2 macam, ada trombone slide dan trombobe valve.




5. Tuba,

Tuba merupakan keluarga brasswind dengan ukuran yang cukup besar. Tuba juga memiliki suara terendah. Tuba pertama kali muncul pada abad ke-19, sekarang tuba merupakan bagian dari instrumen orkestra modern. Pengatur nada pada tuba juga ada 3 buah sama seperti keluarga brasswind yang lain.




6. Harmonika,

Alat musik ini berbeda dengan keluarga brasswind yang lainnya, umumnya keluarga brasswind dimainkan dengan meniup, justru alat musik ini dimainkan dengan meniup dan menghisap. Alat musik ini merupakan keluarga brasswind yang muncul tertua. Cikal bakal dari harmonika yaitu alat musik china yang bernama Sheng.



Oke merekalah keluarga brasswind yang sering kita jumpai, sebenarnya masih ada beberapa lagi keluarga brasswind. Tetapi mungkin segitu aja yang saya ketahui. Mari membaca, dan mengenal dunia. Sekian dari saya.

Terima kasih.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

close