Breaking

Sabtu, 27 Juni 2015

Hobi Bermain Musik, Menyenangkan dan Menguntungkan


            Hobi bermusik merupakan hobi yang keren, menurut saya. Ya kita bisa mengekspresikan apa yang ada di jiwa kita dan orang lain bisa menikmati atau mendengarnya. Begitu rasanya, sangat bahagia apabila orang lain ikut menikmati ekspresi dari jiwa kita. Berbagai macam aliran musik yang ada diseluruh pelosok dunia, mulai dari jazz, pop, rock, blues, dan lain-lain tentu memiliki karakter dan teori tentang aliran musiknya masing-masing. Jujur saya sangat beruntung, memiliki orang tua yang mendukung saya hobi main musik. Ya, meskipun kadang suka marah-marah ketika malam hari tidak belajar malah ngulik-ngulik lagu.

    Musik , dan musik. Menurut saya, musik adalah sebuah ekspresi. Yap, Ekspresi merupakan luapan jiwa/emosi kita. Meskipun demikian dalam bermusik tentu ada teori dasar nya dalam setiap permain instrumen musik. Bagi saya instrumen musik adalah sebuah alat, ataupun sebuah sarana untuk berekspresi. Ada banyak sekali instrumen musik, mulai dari Keluarga Brasswind, Keluarga Woodwind, Instrumen String, Instrumen Perkusi, Drum, dan lain-lain.


            Oke mungkin artikel yang berbau musik kali ini saya akan bercerita tentang hobi bermusik saya, dan pengalaman-pengalaman musik. Sewaktu SMP, saya sangat tertarik dengan instrumen drum. Melihat seseorang bermain drum saja adrenalin sudah terpacu, apalagi memainkannya. Entah mengapa, rasa tertarik dengan instrumen tersebut begitu besar (istilahnya kaya lagi jatuh cinta haha). Akhirnya saya mencoba untuk lihat-lihat video tutorial bermain drum. Karena waktu itu ngga punya drum ya sudah, cuma bisa lihat lalu pelajari, dan praktekan di studio rental musik. Saya sama sekali tidak ikut les drum juga, cuma lihat-lihat orang main drum dan menanyakan pertanyaan ke yang bersangkutan. Tapi lumayan juga, band saya akhirnya tampil pada PENSI dan Farewell Party sewaktu SMA. Hahaha pamer

           

   Lanjut, Jujur saya sangat menikmati dalam bermain drum selama SMA, tetapi karena kendala orang tua tidak mau membelikan drum kit, jadi memutuskan untuk mempelajari alat musik lain meskipun dulunya saya seorang “drummer wanna be”. Piano, orang tua saya sangat mendorong untuk bisa bermain piano (karena dirumah punya nya itu wkwk). Tidak main-main waktu itu langsung disuruh ikut les piano disalah satu pianist di tempat saya. Baru satu bulan, saya tidak merasakan apa-apa dalam bermain piano. Betul sekali, ekspresi dalam jiwa ini tidak terluapkan. Akhirnya saya berhenti mempelajarinya juga.

            



    Lulus SMA, saya melanjutkan kuliah di salah satu PTN di bogor. Skip. Semester satu, ada sebuah event musik di fakultas. Jungle jazz namanya. Event tersebut lumayan besar, meskipun gratisan. Ada beberapa artis seperti Shena X-factor, Mus Mudjiono, dan beberapa musisi jazz bogor. Waktu itu, ada seorang yang memainkan saxophone. Dari situlah, hasrat saya muncul untuk mempelajari instrumen dari keluarga woodwind tersebut. Keinginan saya ini terhalang karena harga satu saxophone ini cukup menguras habis kantong mahasiswa perantauan seperti saya. Menabung dan menabung, akhirnya cukuplah uang saya untuk membeli sebuah saxophone. Karena saya sangat awam dengan saxophone, saya menanyakan kepada beberapa saxophonist tentang bagaimana cara memilih saxophone untuk pemula. Lalu jatuh lah pilihan saya pada saxophone tua buatan tahun 80-an, yaitu Selmer Bundy II alto saxophone. Seminggu setelah membelinya saya belajar meniup, ternayata tidak asal tiup dalam memainkan saxophone. Dua minggu kemudian, akhirnya bisa juga memainkan sebuah lagu yang enak dimainkan dengan saxophone.



       Begitulah kiranya salah satu hobi saya. Bermain musik, benar-benar sangat menyenangkan sekali kawan. Sekian. Terima kasih. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

close