Breaking

Kamis, 16 April 2015

Mengenal Alat Musik Tiup (wind)

         Dari sekian banyak instrumen musik, ada diantaranya yang cara memainkannya dengan ditiup. Alat musik tiup  dibagi menjadi dua, yaitu brasswind, dan woodwind. Pada dasarnya brasswind dan woodwind itu sama, cara memainkannya ya dengan ditiup. Tetapi ada perbedaan yang paling mencolok diantara keduanya, yaitu bentuk mouthpiece, dan material untuk membuat alat/instrumen musik nya. Sebelum membicarakan perbedaan  material tersebut, mari kita bahas terlebih dahulu apa itu mouthpiece. Mouthpiece merupakan salah satu bagian dari instrumen brasswind maupun woodwind, yang penggunaannya ditempatkan pada bibir pemain. Mouthpiece merupakan bagian terpenting yang harus ada pada instrumen, karena untuk menghasilkan suara, intrumen tiup tersebut harus ada mouthpiecenya. Jenis mouthpiece beragam bentuk, ada yang terbuat dari ebonit, hard rubber, metal, bahkan ada yang terbuat dari kayu. Semakin rendah range suara dari alat, maka semaking corong mouthpiece yang digunakan. Dibawah ini ialah bentuk berbagai macam mouthpiece

     

   


        Oke kita telah tau apa itu mouthpiece dan berbagai macam bentuknya. Sekarang, kita bahas apa itu brasswind dan woodwind.

1. Brasswind

         Dilihat dari namanya, tentunya brasswind adalah alat musik tiup yang mana mouthpiece nya terbuat dari metal biasanya kuningan, dan tentunya bahan pembuat instrumennya juga terbuat dari metal, tetapi pada zaman dahulu brasswind dibuat dari tanduk. Sangat unik bukan?. Trumpet, trombon, french horn, tuba, dan cornet, merupakan bagian dari keluarga brasswind.


2. Woodwind

           adalah intstrumen musik yang sumber suaranya merupakan hasil dari getaran pada celah sempit pada bagian mouthpiece intstrumen saat ditiup oleh pemainnya. Kebanyakan instrumen woodwind, terbuat dari kayu, namun sekarang ada diantaranya yang terbuat dari metal, yaitu saksofon, dan flute.


Oke sekian penjelasan singkat Mengenal Alat Musik Tiup. Bila ada yang ditanyakan, silakan post di kolom comment dan tinggalkan jejak. 

Terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

close