Breaking

Minggu, 12 April 2015

Mahasiswa? Kita Perlu Tahu .

           Mendengar kata mahasiswa tentu telinga kita tak asing dengan istilah tersebut. Ya, merekalah putra-putri bangsa yang memperoleh keuntungan lebih untuk bisa mengenyam pendidikan tinggi. Merekalah intelektual-intelektual (muda) yang tentunya sangat dibutuhkan oleh bangsa. Sebagai seseorang yang bisa dikatakan "beruntung" tentulah mahasiswa harus berbakti kepada yang telah memberi keberuntungan tersebut. Lalu, siapakah yang memberi keberuntungan tersebut? Merekalah rakyat Indonesia. Sebagai mahasiswa tentu kita harus membela dan mengayomi rakyat. Tri Dharma Perguruan Tinggi, yang ada point yaitu pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat, tentu harus ditegakan oleh setiap mahasiswa. Pendidikan, ya tentu mahasiswa sebagai kaum intelektual harus berpendidikan, menguasai ilmu yang dia pelajari sebagai bekal dirinya untuk berkontribusi terhadap bangsa ini. Penelitian, setiap mahasiswa pasti dituntut untuk melakukan sebuah penelitian diakhir masa kuliahnya sebagai syarat untuk kelulusan. Pengabdian masyarakat, merupakan goal/tujuan utama dari poin pendidikan dan penelitian, pengabdian masyarakat dalam hal ini mahasiswa harus terjun langsung ke dunia masyarakat untuk bisa mengerti apa problema apa saja yang ada di masyarakat, untuk itu biasanya kampus-kampus mengadakan PKL dan KKN untuk mahasiswanya.

         Sebagai seorang mahasiswa tidaklah mudah kawan. Beban yang tertancap di diri seorang mahasiswa tentulah berat. Sebagai seorang mahasiswa, ia dituntut untuk berfikir mandiri, tidak mengandalkan orang lain. Kehidupan kampus menuntut seorang mahasiswa untuk bisa berfikir kreatif, dan cerdas. Sikap dan budi pekertinya tentu harus menjunjung nilai-nilai budaya Indonesia. Tentu semua itu harus dimiliki oleh seorang mahasiswa agar bisa menjadi penerus bangsa yang unggul.


             Menurut saya pribadi, yang notabenya sekarang saya sedang mengalami menjadi mahasiswa, peran dan fungsi mahasiswa itu ada 5 point penting yaitu:

  1. Mahasiswa sebagai Agen Perubahan
  1. Mahasiswa harus bisa melakukan perubahan langsung, karena sumberdaya manusia yang cukup banyak.
  1. Sumberdaya mahasiswa tidak akan pernah habis, maka harus selalu berkembang dari segi pemikirannya untuk memajukan  bangsa.
  1. Mahasiswa merupakan kumpulan orang bermoral dan berintelektual baik, maka mereka merupakan teladan bagi masyarakat.
  1. Mahasiswa merupakan pengontrol kehidupan sosial yang dilakukan masyarakat.





             Peran mahasiswa memang cukup berat disini, sebab mahasiswa berdiri diantar idealisme dan realita. Tak jarang, kita sebagai mahasiswa berat sebelah, saat kita membela idealisme, kita lupa akan rakyat yang semakin memburuk keadaannya karena kebjakan yang tidak berpihak kepada rakyat. Lalu, saat kita berpihak pada realita, kita lupa bahwa kita sudah meninggalkan idealisme dan juga sudah meninggalkan watak ilmu yang seharusnya kita miliki. Demonstrasi yang dilakukan mahasiswa akhir-akhir ini contohnya.  Tentu, kita sebagai mahasiswa harus berfikir cerdas dalam mengambil suatu tindakan dalam melakukan demonstrasi. Berbuat anarkis, dan merusak, tentu itu bukanlah sebuah cerminan yang baik bagi bangsa ini. Berpikirlah sebelum bertindak. Berdemonstrasi lah dengan cerdas, dengan tertib, agar suara kita bisa didengar Bapak Presiden kita.





Mungkin dari penulis cukup sekian gambaran kecil dari seorang mahasiswa.

Terima kasih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

close