Breaking

Minggu, 28 Juni 2015

Tips Lolos Ujian Talenta Masuk IPB 2015 (UTMI 2015)

             Salam Pelajar Indonesia. Oke kali ini saya akan sedikit membahas lagi tentang ujian masuk perguruan tinggi negeri (PTN) yang akhir-akhir ini akan dilaksanakan. Apa itu? Yap bener banget UMBPTN dan UTMI 2015. Tetapi kali ini saya akan membahas tips lolos ujian talenta masuk IPB (UTMI), karena saya lolos UTMI saja dan UMBPTN saya tidak lolos. Ya, mungkin peruntungan saya hanya di UTMI. Tentang pengalaman saya mengikuti UTMI 2013 dan alhamdulillah lolos, sudah saya tulis di artikel Pengalaman Mengikuti Ujian Talenta Masuk IPB (UTMI)

           Banyak teman-teman bertanya kepada saya, tentang kesulitan-kesulitan dan tantangan-tantangan menghadapi ujian talenta masuk itu seperti apa. Sudah saya jawab semua pada artikel yang saya tulis yaitu Pengalaman Mengikuti Ujian Talenta Masuk IPB (UTMI). Lalu timbul pertanyaan lagi, bagaimana Tips Lolos Ujian Talenta Masuk IPB 2015? Wah, ini pertanyaan yang cukup sulit dan krusial menurut saya. Jadi seperti ini tips nya, untuk lolos UTMI 2015 ada berbagai tips yang menurut saya berpeluang besar untuk lolos, tapi tips ini tentu tidak mutlak hasilnya. Apa saja tips nya? Nanti, kita sharing dulu aja. UTMI itu berbeda dengan SBMPTN dimulai dari tingkat kesulitan soal, jumlah butir soal, dan tentunya cara penilaian jawaban. 


         Ya, pada SBMPTN tentu teman-teman merasakan kesulitan yang cukup tinggi dalam mengerjakan soal bukan? Jika dibandingkan dengan soal UN, tingkat kesulitannya ibarat langit dan bumi (lebay). Berbeda, soal UTMI memiliki tingkat kesulitan dibawah SBMPTN, artinya soal UTMI sedikit lebih mudah, tetapi juga jauh lebih sulit dari soal UN juga. Akan sangat bermanfaat jika teman-teman sudah lancar mengerjakan soal SBMPTN, pasti akan dengan mudah mengerjakan soal UTMI (dengan merujuk pada soal UTMI tahun 2013). Tetapi saya sendiri belum tahu, bagaimana peraturan UTMI 2015 ini terkait soalnya, karena terkait soal itu masih rahasia dari tim Dosen IPB.

          Jumlah butir soal UTMI sangat berbeda dengan SBMPTN, soal SBMPTN tahun 2013 ada saintek(Mat, Fis, Kim, Bio), Bahasa (indonesia, inggris) dan TPA. Tetapi soal UTMI menambahkan butir soal Talent Mapping Tes yang jumlahnya 110 soal dikerjakan dalam waktu 100menit (kalau tidak salah). Ini jadi tantangan tersendiri dalam mengerjakan soal, menjawab 1 soal kurang dari 1 menit. Lalu perbedaan yang terakhir antara UTMI dengan SBMPTN adalah penilaian jawaban, setiap jawaban yang salah pada SBMPTN akan di kurangi 1 point (-1) dan jawaban benar akan mendapat 4 point. Tetapi pada UTMI, jawaban yang benar hanya akan bernilai 1 point, dan jawaban yang salah tidak ada pengurangan point, ini berdasarkan peraturan UTMI 2013 (tetapi saya tidak tahu peraturan penilaian di tahun 2015 ini).



       Sekarang mari simak tips dari saya untuk lolos UTMI 2015 (tips ini tidaklah mutlak bisa meloloskan teman-teman):

Pertama, kerjakan terlebih dahulu soal-soal yang kalian anggap mudah, dan terlebih mata pelajaran yang menunjang pilihan departemen kalian. Misal kaliah memilih Departemen Matematika FMIPA, ya tentu kalian harus kerjakan dan dapat nilai semaksimal mungkin pada soal saintek Matematika. Dan ingat! Kerjakan semua soal tanpa terkecuali, karena tidak ada pengurangan poin di UTMI (merujuk pada peraturan 2013), tetapi apabila peraturan berubah, dan ada pengurangan point pada jawaban yang salah, maka jangan sekali-sekali asal-asalan dalam menjawab soal.

Kedua, UTMI merupakan ujian penerimaan calon maba program S1 IPB yang berbasis kepemimpinan/leadership, kewirausahaan/enterpreneurship, dan cinta pertanian. Oleh karena itu, pada butir soal talent mapping tes teman-teman harus mengerjakan soal tersebut dengan baik, kalau setahu saya itu merupakan penilaian yang cukup besar dalam meloloskan kita masuk lewat jalur UTMI.

Ketiga, jangan grogi atau gentar melihat banyaknya pendaftar, dan sedikitnya kuota yang ada. Itu dapat berdampak negatif pada pikiran kita dalam mengerjakan soal UTMI yang jumlahnya cukup banyak. Kerjakan saja soal dengan baik.

Keempat, datanglah satu jam sebelum tes dimulai untuk melihat ruangan tes teman-teman. Karena Bogor akan sangat macet apabila ada penyelenggaraan ujian masuk di IPB.

Kelima, untuk teman-teman yang muslim. Karena UTMI dilaksanakan di bulan ramadhan, alangkah baiknya teman-teman tetap berpuasa (jika tidak ada halangan), agar dapat memperoleh berkah Nya. Dan makan sahur yang banyak, ini akan sangat membantu teman-teman dalam menjaga konsentrasi nantinya dalam mengerjakan soal.

         Ya mungkin hanya itu tips dari saya, ingat, tips ini tidak bersifat mutlak. Berdoa dan berusaha semaksimal mungkin lah yang menjadi tips mutlaknya dalam meraih semua impian. Oke, sekian dari saya mohon maaf apabila ada salah kata, dan kurang dalam penyampaian tips nya. Apabila ada pertanyaan silakan teman-teman tulis di komentar. Tetap semangat, sukses selalu. Saya tunggu kalian di IPB. Terima kasih.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

close