Breaking

Senin, 19 Oktober 2020

Source Code Membuat 3D dengan Open GL

Kali ini saya akan membagikan Tutorial Membuat Garis dan Nama Menggunakan Visual Studio C++ Sebagai Berikut :


Alat dan Bahan :
1. Komputer.
2. Visual Studio C++.
3. Library OpenGL

Berikut Langkah-Langkahnya:
1. Buka Visual Studio C++ dan buat project baru dengan Nama Anda Sendiri.
2. Setting OpenGL library pada Visual Studio C/C++.



a. Download  OpenGL (Debug) dan kode dasar praktikum grafika komputer
(NamaAndacpp)

b. Masukkan file NamaAnda.cpp ke Source Files di project yang anda buat.
c. Ubah nama file  menjadi  Namaanda.cpp
d. Tentukan lokasi folder dimana andaMendownload OpenGL library pada hardisk.
e. Masuk ke Project -> Properties kemudian tambahkan lokasi folder OpenGL yang anda
sebelumnya di C/C++ -> General -> Additional Include Directories seperti yang ditunjukkan
pada gambar berikut.



f. Masih di Project -> Properties kemudian tambahkan lokasi folder OpenGL yang anda ekstrak
sebelumnya di Linker -> General -> Additional Libraries Directories seperti yang ditunjukkan Pada gambar berikut.


g. Isi Linker -> Input dengan glut32.lib, glew32.lib, glAux.lib seperti yang ditunjukkan pada gambar berikut :
glu32.lib
glut32.lib
opengl32.lib




3. Masukan kode dasar Berikut:

//Program ini untuk mensimulasikan transformasi 3 Dimensi.

//Tekan x untuk putar dengan sumbu putar x

//Tekan y untuk putar dengan sumbu putar y

//Tekan z untuk putar dengan sumbu putar z

//Tekan w untuk menambah nilai y

//Tekan s untuk mengurangi nilai y

//Tekan a untuk menambah nilai x

//Tekan d untuk mengurangi nilai x

//Tekan q untuk menambah nilai z

//Tekan e untuk mengurangi nilai z

#include <stdlib.h>

#include <GL/glut.h>

static float ypoz = 0, zpoz = 0, xpoz = 0,a = 0, b = 0,c = -10;

void coba(int x1,int y1,int x2,int y2,int x3,int y3,int x4,int y4,int

z1,float z2,float z3){

glColor3f(1,0,0); //sisi depan

glVertex3d(x1,y1,z2);

glVertex3d(x2,y2,z2);

glVertex3d(x3,y3,z2);

glVertex3d(x4,y4,z2);

glColor3f(1,0,0);//right

glVertex3d(x2,y2,z2);

glVertex3d(x2,y2,z1);

glVertex3d(x3,y3,z1);

glVertex3d(x3,y3,z2);

glColor3f(1,0,0);//back

glVertex3d(x1,y1,z1);

glVertex3d(x2,y2,z1);

glVertex3d(x3,y3,z1);

glVertex3d(x4,y4,z1);

glColor3f(1,0,0);//left

glVertex3d(x1,y1,z2);

glVertex3d(x1,y1,z1);

glVertex3d(x4,y4,z1);

glVertex3d(x4,y4,z2);

glColor3f(1,0,1);//bottom

glVertex3d(x1,y1,z2);

glVertex3d(x2,y2,z2);

glVertex3d(x2,y2,z1);

glVertex3d(x1,y1,z1);

glColor3f(1,1,0);//top

glVertex3d(x3,y3,z2);

glVertex3d(x4,y4,z2);

glVertex3d(x4,y4,z1);

glVertex3d(x3,y3,z1);

}


void cobain(int x1,int y1,int x2,int y2,int x3,int y3,int x4,int

y4,float z1,float z2,float z3){ //atap

glColor3f(1,1,1);//kanan

glVertex3d(x3,y3,z1);

glVertex3d(x3,y3,z2);

glVertex3d(x3,y1,z3);

glColor3f(1,1,1);//kiri

glVertex3d(x4,y4,z2);

glVertex3d(x4,y4,z1);

glVertex3d(x4,y1,z3);

}

void cobaini(int x1,int y1,int x2,int y2,int x3,int y3,int x4,int

y4,float z1,float z2,float z3){//atap

glColor3f(1,0,1);//belakang

glVertex3d(x4,y4,z1);

glVertex3d(x3,y3,z1);

glVertex3d(x3,y1,z3);

glVertex3d(x4,y1,z3);

glColor3f(1,0,1);//depan

glVertex3d(x3,y3,z2);

glVertex3d(x4,y4,z2);

glVertex3d(x4,y1,z3);

glVertex3d(x3,y1,z3);

}

void init(void)

{

glClearColor (0.0, 0.0, 0.0, 0.0);

glOrtho(-12,12,-6,6,-35,35);

glEnable(GL_DEPTH_TEST);

glShadeModel (GL_SMOOTH);

glMatrixMode (GL_PROJECTION);

glLoadIdentity ();

gluPerspective(80.0,2.2, 1.0, 20.0);

glMatrixMode (GL_MODELVIEW);

}

void display(void)

{

glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT | GL_DEPTH_BUFFER_BIT);

glLoadIdentity (); //digunakan untuk me-nonaktifkan/me-reset

transformasi sebelumnya

glTranslatef(a,b,c); //digunakan untuk melakukan perpindahan

posisi gelombang

glRotatef(xpoz,1,0,0);

glRotatef(ypoz,0,1,0);

glRotatef(zpoz,0,0,1);

glBegin(GL_QUADS);

//Rumah

coba(-8,-2,8,-2,8,2,-8,2,-5,3,0);//rumah

coba(2,-2,8,-2,8,2,2,2,-5,4,0);//kamar

coba(-8,-2,-7,-2,-7,2,-8,2,-5,4,0);//dindingpagar kiri


coba(-8,-2,-7,-2,-7,0,-8,0,-5,5.5,0);

coba(7,-2,8,-2,8,0,7,0,-5,5.5,0);

cobaini(-3,5,0,0,8,2,-8,2,-5.5,4.5,0);

glColor3f(1,1,1);//plafon depan

glVertex3d(8,1.8,-3);

glVertex3d(-8,1.8,-3);

glVertex3d(-8,1.8,4.5);

glVertex3d(8,1.8,4.5);//

glVertex3d(8,1.8,4.5);

glVertex3d(-8,1.8,4.5);

glVertex3d(-8,2,4.5);

glVertex3d(8,2,4.5);

glColor3f(1,1,1);//plafon belakang

glVertex3d(8,1.8,-5.5);

glVertex3d(-8,1.8,-5.5);

glVertex3d(-8,1.8,4.5);

glVertex3d(8,1.8,4.5);

glVertex3d(8,1.8,-5.5);

glVertex3d(-8,1.8,-5.5);

glVertex3d(-8,2,-5.5);

glVertex3d(8,2,-5.5);

glVertex3d(4,-0.5,4.1);//cendela kamar

glVertex3d(6,-0.5,4.1);

glVertex3d(6,1,4.1);

glVertex3d(4,1,4.1);

glVertex3d(2.7,-0.5,4.1);//cendela kamar2

glVertex3d(3.8,-0.5,4.1);

glVertex3d(3.8,1,4.1);

glVertex3d(2.7,1,4.1);

glVertex3d(-2,-2,3.05);//pintu depan

glVertex3d(2,-2,3.05);

glVertex3d(2,1.3,3.05);

glVertex3d(-2,1.3,3.05);

glVertex3d(-2,-2,-5.05);//pintu belakang

glVertex3d(2,-2,-5.05);

glVertex3d(2,1,-5.05);

glVertex3d(-2,1,-5.05);

glVertex3d(-4.5,-1,3.05);//cendela rmh1 depan

glVertex3d(-2.5,-1,3.05);

glVertex3d(-2.5,1.3,3.05);

glVertex3d(-4.5,1.3,3.05);

glVertex3d(-6.5,-1,-5.05);//cendela rmh1 belakang

glVertex3d(-2.5,-1,-5.05);

glVertex3d(-2.5,1,-5.05);

glVertex3d(-6.5,1,-5.05);

glVertex3d(-7,-1,3.05);//cendela rmh2 depan


glVertex3d(-4.8,-1,3.05);

glVertex3d(-4.8,1.3,3.05);

glVertex3d(-7,1.3,3.05);

glVertex3d(6.5,-1,-5.05);//cendela rmh2 belakang

glVertex3d(2.5,-1,-5.05);

glVertex3d(2.5,1,-5.05);

glVertex3d(6.5,1,-5.05);

glEnd();

glBegin(GL_TRIANGLES);

cobain(-3,5,0,0,8,2,-8,2,-5.5,4.5,0);

glEnd();

glBegin(GL_LINES);

glColor3f(0,0,0);

glVertex3d(8,1.8,4.5);

glVertex3d(-8,1.8,4.5);

glVertex3d(-8,1.8,-5.5);

glVertex3d(8,1.8,-5.5);

glColor3f(1,0,0);

glVertex3d(-4.5,-1,-5.05);

glVertex3d(-4.5,1,-5.05);

glVertex3d(4.5,-1,-5.05);

glVertex3d(4.5,1,-5.05);

glEnd();

glutSwapBuffers(); //Fungsi berikutnya adalah glutSwapBuffers(),

yaitu digunakan untuk menukar bagian belakan buffer menjadi buffer

layar (screen buffer). Dalam modus double-buffered, perintah

menggambar pada layar, tetapi menggambar pada buffer belakang layar.

Pada saat ingin menampilkan gambar, gambar yang berada di buffer

belakang layar dipindahkan ke buffer layar, sehingga menghasilkan

animasi yang sempurna.

}

void keyboard(unsigned char key, int x, int y)

{

switch (key) {

// These will allow you to force some extra rotation by

pressing the 'y' and 'z' key.


case 'x':

xpoz=xpoz+5;

if (xpoz>360) xpoz=0;

glutPostRedisplay();

break;

case 'y':

ypoz=ypoz+5;

if (ypoz>360) ypoz=0;

glutPostRedisplay();

break;

case 'z':

zpoz = zpoz+1;

if (zpoz>360) zpoz=0;


glutPostRedisplay();

break;

case 'w':

b = b + 1;

glutPostRedisplay();

break;

case 's':

b = b - 1;

glutPostRedisplay();

break;

case 'a':

a = a + 1;

glutPostRedisplay();

break;

case 'd':

a = a - 1;

glutPostRedisplay();

break;

case 'q':

c = c + 1;

glutPostRedisplay();

break;

case 'e':

c = c - 1;

glutPostRedisplay();

break;


}

}

int main(int argc, char** argv)

{

glutInit(&argc, argv);

glutInitDisplayMode (GLUT_RGB | GLUT_DEPTH | GLUT_DOUBLE);

glutInitWindowSize (500, 500);

glutInitWindowPosition (100, 100);

glutCreateWindow("Rumah|09_109,09_123,09_128");

init ();

glutDisplayFunc(display);

glutKeyboardFunc(keyboard);

glutMainLoop();

return 0;

}



Sangat mudah sekalikan belajar Tutorial Membuat Kubus Menggunakan Visual Studio C++, jadi silahkan pelajari dengan benar dan baik, jika ada kesalahan atau error silahkan kirim komentar anda pada halaman ini


Sekian  materi pembelajaran teknik informatika yang bisa sayia berikan pada artikel ini.  Untuk melihat contoh-contoh pemrograman lainnya anda bisa melihat di artikel lainnya. Semoga bermanfaat untuk mempelajari tentang Tutorial Membuat Kubus Menggunakan Visual Studio C++ dengan baik. Selamat Mencoba Salam Codingers

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

close