Breaking

Kamis, 08 Oktober 2020

[Mudah] 12+ Cara Mengatasi Layar HP Tidak Bisa Disentuh

Layar HP Tidak Bisa Disentuh - Bagaimana cara mengatasi layar hp yang tidak bisa disentuh ?

Sebagai pengguna HP Android, tentu kamu pernah mengalami kejadian dimana layar tidak bisa disentuh sebagian saat main game (pubg, misalnya) atau tidak berfungsi meskipun sudah di sentuh sambil digeser - geser.

Layar LCD atau touchscreen merupakan komponen dari hp android yang mudah rusak dan error jika kita tidak berhati - hati dalam penggunaannya.

Namun selama layar hp masih bisa berfungsi (dipencet) meskipun retak akibat jatuh, jangan terburu - buru untuk mengganti touchscreen android terlebih dahulu.

Sebab banyak faktor penyebab yang membuat layar hp tidak bisa disentuh.

Kali ini TechnoEcho akan memberikan 11 solusi terbaik untuk memperbaiki hp yang layar-nya tidak bisa disentuh menjadi normal kembali.


Cara ini sangat sering saya gunakan untuk mengatasi layar hp yang mengalami masalah tidak bisa disentuh pada beberapa android yang pernah saya miliki, seperti vivo, oppo, xiaomi, realme dan juga samsung.


Penyebab Layar HP Tidak Bisa Disentuh

Sering kali alasan kenapa layar hp tidak bisa disentuh itu dikarenakan oleh beberapa faktor seperti rusak, pecah ataupun kena air. Untuk lebih jelasnya, berikut penyebab layar hp tidak bisa disentuh :

1. Layar HP Android Kotor

Kontaminasi dari sisa makanan yang menempel di layar lcd hp biasanya akan membuat layar hp tidak bisa gerak, terlabih lagi jika kotoran yang menempel sejenis minyak sisa makanan.

2. Penggunaan RAM Terlalu Besar

Penyebab hp tidak bisa disentuh layarnya itu juga dapat dikarenakan masalah software dari perangkat android itu sendiri.

Misalnya saja, saat penggunaan RAM terlalu besar tentu akan membuat hp menjadi lemot sehingga terkesan layar hang.

Jika kamu mengalaminya, cara memperbaiki layar android tidak merespon pada postingan sebelum ini mungkin bisa membantu menyelesaikan masalah tersebut.

3. HP Pernah Terjatuh

Biasanya jika hp kamu mendadak tidak berfungsi setelah terjatuh, apabila kondisi layar tidak retak maka terdapat kemungkinan socket jalur lcd kendor atau lepas menjadi penyebabnya.

4. HP Ketindihan

Biasanya hp akan hang karena sensitivitas layar sentuh terganggu sehingga meskipun sudah dipencet berulang kali, touchscreen hp tetap tidak akan mau digeser.

5. HP Kena Air

Air yang masuk ke dalam komponen perangkat android dapat menyebabkan terjadinya konsleting. Alhasil, tentu dapat mengakibatkan kerusakan pada layar sentuh hp android yang kamu miliki.

Namun kamu masih bisa mengantisipasi jika tanpa sengaja hp terjatuh ke dalam air, pada langkah ke 11 kami berikan cara mengatasinya dengan mudah.

6. LCD HP Retak

Nah, biasanya ini akan terjadi pada pengguna hp android yang memiliki jenis layar super amoled.

Apabila layar dalam kondisi retak (parah) akan berakibat layar hp tidak bisa disentuh sebagian.

Mengapa seperti itu ? Sebab layar super amoled memiliki ciri khas khusus, yakni LCD dan Touchscreen menjadi satu.

Dan apabila ponsel android kamu sedang mengalami masalah yang sama dengan pembahasan kali ini, alangkah baiknya jika kamu tidak terburu - buru untuk mengganti touch screen hp tersebut.

Selain harga dan biaya ganti touchscreen hp android yang tidak murah, penyebab layar sentuh android yang tidak berfungsi tersebut juga tidak selalu karena LCD HP rusak. Kamu bisa melihat video berikut untuk memastikan kerusakannya :



Cara di atas paling cocok kamu gunakan pada layar hp retak tidak bisa disentuh, selain untuk mengecek juga bisa menjadi solusi sementara hingga ada budget untuk mengatasi touchscreen tidak bisa disentuh tersebut.


11 Cara Mengatasi Layar HP Android Yang Tidak Bisa Disentuh


11 Cara Mengatasi Layar HP Tidak Bisa Disentuh

Meskipun sekarang ini teknologi sebuah smartphone sudah di dukung dengan jenis layar sentuh seperti gorilla glass ataupun layar super amoled, masalah hp layar sentuh seperti tidak bisa disentuh segian atau tidak bisa digeser masih saja sering kita alami.

Maka dari itu jika kondisi layar hp kamu seperti kejadian di atas, coba ikuti langkah - langkah berikut ini agar layar sentuh hp bisa berfungsi normal kembali.


1. Gunakan Kombinasi Tombol

Masalah touchscreen error pernah saya alami sendiri beberapa waktu lalu saat menggunakan hp oppo dan hp vivo. Dimana untuk membuka layar kunci saja sangat sulit sebab jika layar hp disentuh malah muncul suara wanita.

Hal ini tentu membuat saya sangat panik, namun ternyata error pada touchscreen hp tersebut diakibatkan karena :

tanpa sengaja menekan kombinasi tombol hp sehingga perangkat android mengaktifkan salah satu fitur aksebilitasnya.


Mengingat kejadian tersebut, saya membuat tutorial lengkapnya pada halaman cara membenarkan lcd hp yang tidak berfungsi tersebut.

Jadi selain oppo dan vivo, pengguna xiaomi, realme dan samsung juga bisa mengatasi masalah layar sentuh hp yang error tersebut.


2. Bersihkan Layar HP

Jika layar sentuh hp km tidak berfungsi saat disentuh coba gunakan langkah termudah terlebih dahulu, yaitu dengan membersihkan layar ponsel tersebut.


cara memperbaiki layar hp android yang tidak bisa disentuh

HP android akan menjadi tidak normal meskipun jari kamu sudah menggeser - geser layar berulang kali apabila terdapat kotoran yang menempel ataupun minyak dari sisa makanan pada lcd hp tersebut.

Soalnya saya sendiri pernah mengalaminya ..

Akibat minyak di layar hp, selain tidak bisa digeser - geser juga tidak bisa mengetik di android karena papan keyboard tidak mau muncul.

Maka dari itu solusinya adalah dengan cara membersihkan layar sentuh hp android kamu menggunakan langkah - langkah sebagai berikut :


  • Pertama coba gunakan tisu atau kain yang sudah sedikit kamu basahi
  • Lalu gosok secara perlahan dan memutar pada bagian touchscreen hp km hingga bersih
  • Namun jika layar hp masih tidak bisa disentuh, coba lepas screen protector dan ulangi membersihkannya

Akan tetapi jika setelah kamu membersihkan hp tapi layar sentuh masih tidak bisa digeser, maka cobalah untuk menggunakan langkah ke kedua di bawah ini.


3. Hapus Pemakaian RAM


cara mengatasi touchscreen tidak bisa disentuh

Kenapa saat layar ponsel tidak bisa disentuh harus melihat penggunaan RAM pada perangkat android ?

Hal ini dikarenakan ketika RAM penuh, seringkali sistem tidak bisa bekerja dengan normal.

Misalnya saja, layar hitam tapi nyala sehingga akan seperti touchscreen tidak berfungsi secara tiba - tiba.

Maka dari itu untuk mengatasi layar sentuh berhenti mendadak tersebut, bersihkan RAM menggunakan aplikasi seperti Clean Master atau Force Stop Aplikasi dengan cara sebagai berikut :

Buka menu setelah > pengaturan lainnya > pengelolaan aplikasi > pilh aplikasi > lalu pilih opsi "Paksa Berhenti"


4. Matikan HP Beberapa Saat


cara memperbaiki hp layar sentuh yang tidak bisa disentuh

Apabila aplikasi sudah kamu paksa berhenti namun layar hp masih saja error, cobalah untuk mematikan hp android beberapa saat.

Tujuan dari mematikan hp adalah untuk mendinginkan perangkat android tersebut yang mengalami panas berlebih.

Sebab terkadang permukaan layar tidak bisa berfungsi sebagian ketika suhu ponsel terlalu panas.


Ini solusinya touchscreen error saat panas karena sedang mengisi daya.

UPDATE

Bagaimana jika layar tidak bisa disentuh saat akan menekan tombol matikan daya ?

Jika kamu menggunakan hp dengan baterai removeble, cara mematikan hp yang layarnya tidak bisa disentuh yaitu dengan melepas baterai hp (mematikan hp secara paksa).

Namun jika hp kamu menggunakan baterai nonremoveble / baterai tanam (misalnya hp xiaomi 4a) maka cara mematikan dayanya dapat kamu lakukan dengan menekan tombol power sekitar 10 - 20 detik.


5. Pijat Layar HP


cara memperbaiki hp layar sentuh yang tidak bisa disentuh

Jika layar hp kamu tidak bisa disentuh akibat sering terjatuh maka memijat hp bisa menjadi solusi alternatif yang perlu kalian coba.

Memijat / menekan layar hp ini berfungsi untuk mengencangkan dari bagian layar hp yang mungkin sudah longgar karena sering terjatuh.

Caranyapun tidak sulit, yaitu :


  • Pertama tekan layar dan casing
  • Gunakan jempol untuk menekan pada bagian layar yang tidak bisa disentuh 
  • Dan jari telunjuk untuk menekan casing belakang hp

6. Aktifkan Fitur Force GPU for 2D Drawing

Satu lagi yang mungkin jarang diketahui oleh banyak orang, layar sentuh error di hp android terkadang juga disebabkan karena sektor transisisinya yang buruk.

Oleh karena itu agar elemen antarmuka akan jauh lebih ringan daripada sebelumnya, kita perlu mengaktifkan fitur Force GPU Rendering.

Lantas bagaimana cara mengaktifkan fitur Force GPU Rendering tersebut ?

Untuk mengaktifkannya, kamu perlu masuk ke menu Developer Options terlebih dahulu.

dengan cara :


  1. Masuk ke menu pengaturan / setting
  2. Lalu cari About Phone
  3. Setelah itu ketuk Build Number hingga tujuh kali

Setelah itu kembali lagi masuk ke menu Settings > Developer Options > klik Force GPU Rendering untuk mengkatifkan fitur tersebut.


7. Cek Kondisi Touchscreen HP

Mengecek kondisi touchscreen hp bertujuan untuk memastikan apakah layar sentuh yang tidak bisa disentuh tersebut disebabkan karena kerusakan komponen atau software perangkat itu sendiri.

Lalu bagaimana cara mengecek touchscreen hp yang rusak tersebut ?

Pertama, kita bisa lihat secara visual.

Apabila layar hp kamu tidak merespon saat disentuh, lihat apakah terdapat kerusakan seperti retak / pecah pada lcd ponselnya.

Jika memang layar lcd retak / pecah, pastikan juga apakah kerusakan ada pada layar atau hanya pada tempered glass yang digunakannya.

Kedua, gunakan bantuan aplikasi.

Jika langkah pertama sudah kita pastikan namun layar hp android masih tidak merespon jika disentuh, maka coba unduh aplikasi untuk mengecek layar sentuh hp seperti Aplikasi Multitouch Tester.

Video di bawah ini mungkin bisa memberi referensi sebelum kamu mengunduh Aplikasi Multitouch Tester tersebut.



8. Kalibrasi Layar Sentuh

Apabila setelah kita memeriksa kerusakan layar dengan langkah ke 6 namun touchscreen android masih tidak berfungsi, tidak ada salahnya jika kamu coba lakukan kalibrasi layar sentuh hp android yang kamu miliki.

Biasanya di setiap HP touchscreen pasti memiliki pengaturan kalibrasi atau Calibiration.


cara memperbaiki hp layar sentuh yang tidak bisa disentuh

Cara mengkalibrasi layar sentuh hp android dapat kamu ikuti pada langkah di bawah ini :


  1. Buka menu pilihan kalibrasi tersebut.
  2. Lalu layar Anda akan mengalami blank putih, Nah jangan kaget gan karena memang harusnya seperti itu. tak berselang lama akn muncul tulisan "klik salah satu layar untuk mengatur kalibrasi".
  3. Klik tepat di titik kalibrasi, disitu akan tampil petunjuk untuk menyentuh layarnya dan silahkan kamu ikuti petunjuk tersebut hingga proses selesai
  4. Setelah itu touchscreen kamu akan normal kembali

9. Reset ke Pengaturan Awal


cara mengatasi layar hp tidak bisa disentuh

Apabila semua cara diatas belum bisa mengatasi kerusakan layar sentuh HP kamu, maka langkah terakhir yang perlu untuk kamu coba adalah dengan menggunakan cara mereset ulang android seperti dari pabrik.

Harapannya dengan melakukan Factory Reset tersebut, hp android dapat kembali ke pengaturan awal seperti saat kita membeli pertama kali.


10. Ganti Touchscreen HP

Namun apabila setelah kamu melakukan factory reset hp android tersebut masih saja layar hp tidak bisa disentuh maka besar kemungkinan jika penyebab kerusakan ada pada layar sentuh / touchscreen hp android itu sendiri.

Oleh karena itu solusi yang perlu kamu lakukan adalah dengan mengganti layar hp tersebut.

Jika kamu belum pernah mengganti layar lcd hp android, sebaiknya bawa ponsel yang kamu miliki ke service center terdekat.

Namun apabila kamu ingin mencoba menggantinya sendiri, kamu bisa membeli layar lcd pada marketpalce (bukalapak / tokopedia) dengan harga sekitar 300 ribu - 500 ribu sesuai dengan tipe hp yang kamu miliki tersebut.


11. Layar Sentuh Tidak Bisa Digerakkan Setelah HP Terjatuh


cara memperbaiki layar sentuh tidak merespon

Apabila kondisi ponsel android yang terjatuh dari suatu ketinggian dan mendadak layar sentuh tidak berfungsi maka hal pertama yang perlu untuk kita pastikan adalah kondisi layar sentuh ponsel tersebut.

Pastikan LCD / touchscreen hp android tidak retak ataupun pecah karena jika kondisinya seperti itu maka kemungkinan terbesar untuk mengatasi masalah layar sentuh hp android tersebut kita harus mengganti layar sentuh perangkat android yang kita miliki.

Akan tetapi jika kondisi layar sentuh belum mengalami kerusakan maka kita bisa mengecek jalur layar sentuh hp android tersebut.

Bisa jadi tidak meresponnya layar sentuh terhadap sentuh tersebut terjadi karena socket konektor yang kendor akibat terjatuh.

Namun jika kita tidak mantap untuk melakukannya maka membawa ke tempat service adalah langkah yang tidak salah untuk kita lakukan.


12. Layar HP Tidak Bisa Disentuh Setelah Kena Air

Seperti yang telah kami sampaikan pada ulasan di atas, untuk mengatasi hp android yang error setelah kemasukan air dapat kita atasi dengan bantuan beras.

Kejadian seperti ini pernah saya alami sendiri, yaitu saat HP Android teman saya pinjam, secara tidak sengaja saya masukan ke air.

Meskipun didalam air tapi layar HP nya masih nyala, padahal bukan Android tahan air.

Nah setelah itu langsung saya ambil dari bak air lalu saya matikan.

Lalu berdasarkan ilham teman, saya diberi cara mengatasi hp layar sentuh kemasukan air dengan memasukannya ke wadah yang diberi beras.


hp jatuh ke air touchscreen tidak berfungsi

Memang pertamanya saya tidak percaya namun setelah saya praktikan sendiri ternyata berhasil dan HP-nya bisa normal kembali meskipun beberapa menit saya tinggalkan berendam di dalam air.


13. Gunakan Korek Jika Layar HP Tidak Bisa Disentuh Sebagian

Mungkin terbilang cukup unik jika memperbaiki layar hp tidak bisa disentuh sebagian dengan mengunakan korek. Namun cara ini banyak direkomendasikan di beberapa grup, forum bahkan channel youtube seputar perbaikan android.

Akan tetapi jika kamu ragu dan di bagian tertentu lcd ataupun tombol tidak bisa disentuh, saya sudah memberikan cara lain untuk mengatasi touchscreen yang error tersebut.


baca saja : Cara Mengatasi Layar HP Tidak Bisa Disentuh Sebagian

Kesimpulan

Itulah cara yang pernah kami lakukan untuk mengatasi error pada layar lcd hp android sebelum pergi ke tempat service.

Sekarang langkah mana yang akan kamu lakukan terlebih dahulu ?

Apakah memijat layar hp ? atau hanya dengan melepas baterai hp saja sudah bisa memperbaiki hp yang tidak bisa disentuh sama sekali.

Atau ada cara lain seperti memperbaiki touchscreen dengan korek dan telah berhasil kamu coba lakukan ?

Komentar kamu sangat kami dan para pengguna hp layar sentuh tunggu ya gaes .. Sekian dan terima kasih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

close