Breaking

Selasa, 09 Juni 2020

Cara Memperbaiki Charger HP Yang Lama Mengisi Daya Baterai

Baterai android yang lama penuh ketika sedang di charge atau mengisi daya dapat disebabkan oleh kabel charger, port usb ataupun charger hp itu sendiri.

Charger HP merupakan alat pengisi daya yang dilengkapi dengan port micro USB dan kabel charger sebagai penghubung arus ke baterai smartphone android. Sekarang ini charger hp juga memiliki fitur fast charging ataupun quick charging.

Meskipun demikian, terkadang masalah charger hp lama mengisi daya saat baterai android di charge masih saja sering terjadi. Padahal dalam kondisi normal, lama waktu ngecas hp android hanya cukup sekitar 2 jam saja.

Lantas bagaimana cara memperbaiki charger hp yang lama mengisi daya tersebut ?

Oleh karena itu pada pertemuan kali ini Technoecho akan memberikan solusi bagi kamu yang sedang mengalami masalah proses charging di hp android yang berjalan lambat. Sebab jika masalah ini dibiarkan, efek ngecas hp terlalu lama akan memiliki dampak charger hp rusak.

Berikut beberapa penyebab dan cara mengatasi baterai lama terisi dan tidak bertambah saat di charge supaya proses pengisian daya bisa normal kembali.


Cara Memperbaiki Proses Charger HP Yang Berjalan Lambat

cara memperbaiki charger hp yang lama mengisi daya baterai

Kenapa Baterai Tidak Bertambah Saat Di Charge ?


Terdapat banyak faktor yang mempengaruhi kecepatan charge hp, salah satunya disebabkan oleh kualitas charger hp itu sendiri.

Selain itu ada juga beberapa faktor lain yang menjadi penyebab baterai hp yang di charge lama penuh, diantaranya :

  • Umur pakai hp sudah terlalu lama
  • Menggunakan HP sambil di charge
  • Sumber Daya Listrik Lemah
  • Port charger hp longgar
  • Terlalu banyak aplikasi di latar belakang
  • Kualitas kabel charger buruk
  • Adaptor charger rusak

Yang paling parah penyebab terburuk bisa dikarenakan baterai hp yang sudah melembung atau rusak.

Namun jika masalah kamu pada konektor usb yang berakibat charger hp lama penuhnya, pada halaman cara memperbaiki charger hp yang longgar saya sudah mengulas solusinya.

Dan jika saya mengalami masalah tersebut biasanya solusi termudah agar charging hp bisa berjalan lebih cepat yang saya lakukan, diantaranya :

1. Ganti Charger HP


Langkah pertama yang perlu kamu lakukan untuk mengatasi charger hp yang lama mengisi daya baterai android adalah dengan mengganti charger hp. Bisa dengan meminjam charger hp lain ataupun langsung dengan membeli yang baru.

Sebab charger hp yang rusak dapat menyebabkan baterai lama terisi penuh 100 %.

Namun jika kamu ingin mengganti charger hp yang baru, usahakan untuk memilih charger yang berkualitas baik karena sekarang ini banyak beredar charger dengan kualitas buruk.

Berikut ciri - ciri charger hp dengan kualitas baik yang bisa kamu jadikan referensi sebelum membeli, diantaranya :

  • Pilih charger hp dengan label 5V - 2.0 A, artinya output charger hp yang mampu dihasilkan sekitar 2.0 Ampere dengan tegangan 5 Volt.
  • Hindari membeli charger dengan kabel multifungsi yang memiliki konektor universal, sebab output sering kali tidak stabil jika charger yang terhubung dengan beberapa jenis kabel dalam satu waktu.

Selain itu kamu juga bisa membeli charger hp dengan output 2 amper berdasarkan merek terbaik, misalnya saja anker, robot, aukey, wellcome, ataupun uneed.

2. Coba Gunakan Kabel Charger Lain


Tidak sedikit yang mengalami baterai lama terisi ini disebabkan oleh kabel penghubung antara micro USB dan perangkat android yang ber masalah. Umur pakai ataupun penggunaan yang tidak tepat dapat mengakibatkan kabel tidak bisa mengirim arus untuk mengisi daya baterai.

Oleh karena itu, cara mengatasi baterai hp android yang lama terisi karena kabel charger yang bermasalah adalah dengan mengganti kabel usb yang baru.

Namun jika kamu ingin memastikan kabel charger rusak atau tidak, coba gunakan cara berikut :

  1. Pinjam kabel charger yang digunakan untuk perangkat lain,
  2. Kemudian coba lihat berapa lama kabel tersebut bisa mengisi daya baterai sampai penuh.
  3. Jika proses charging bisa lebih cepat, besar kemungkinan sumber masalahnya berasal dari kabel usb milik kamu tersebut.

Saran saya, belilah kabel charger yang memiliki ukuran lebih tebal karena mampu memberikan arus tinggi lebih cepat.

Atau kamu juga bisa mengamplas ujung konektor kabel data tersebut agar tidak ada kotoran yang menempel. Sebab kontaminasi kotoran pada ujung konektor charger bisa menyebabkan kabel data tidak bisa mengisi daya saat ngeces hp.

Namun jika setelah mengganti kabel dan charger hp proses mengisi daya baterai masih lama, sebaiknya lakukan beberapa hal seperti di bawah ini.

3. Hindari Mengisi Daya Lewat Powerbank / Laptop / PC


Bukan menjadi ide terbaik untuk meng-charge hp android menggunakan sambungan port usb.

Pada port usb pada komputer ataupun laptop tidak menyediakan cukup arus untuk mengisi daya baterai perangkat android. Apabila hal itu kamu lakukan maka proses charging akan lebih lambat dan baterai hp lama terisi penuh.

Pada umumnya, keluaran arus untuk USB itu sekitar 500 mA (0.5 A) pada USB 2.0 dan 900 mA (0.9 A) pada USB 3.0.

Namun jika dalam kondisi terdesak, entah tidak ada charger atau charger hp rusak. Kamu bisa menggunakan port USB di PC sebagai alternatif lainnya.

Saran saya gunakan port khusus USB versi 3.0 yang memiliki daya lebih besar (berwarna biru) jika ingin menghubungkan ke hp android kamu.

baca juga : Cara Mengatasi Baterai HP Di Cas Tidak Bisa Penuh

4. Hindari Menggunakan HP Selama Proses Charging


Mengisi daya baterai sambil menggunakan hp android dapat memberikan dampak negatif pada kesehatan baterai itu sendiri. Efeknya dapat mengakibatkan hp menjadi cepat panas hingga baterai tidak bertambah saat di charge.

Agar hal itu tidak terjadi, sebaiknya lakukan beberapa hal berikut sebelum melakukan proses charging :

  • Matikan koneksi Wi-Fi, Bluetooth, dan GPS.
  • Tutup semua aplikasi yang masih berjalan.
  • Masuk ke mode pesawat.

baca juga : Kenapa Baterai HP Tidak Bertambah Saat Di Charge

5. Ubah Versi Perangkat Android


Masalah baterai yang cepat terkuras habis, proses charging yang lama terkadang terjadi setelah kita melakukan update versi android ke versi terbaru.

Jika hal ini terjadi sering kali disebabkan oleh bug pada update versi tersebut atau mungkin perangkat android yang tidak kompatibel dengan versi tersebut.

Masalah pengisian daya baterai yang terlalu lama ini juga pernah saya alami di beberapa hp android yang saya gunakan sendiri, mulai dari hp xiaomi, oppo, vivo dan juga samsung.

Maka dari itu segera saya downgrade ke versi android sebelumnya untuk mengatasi masalah hp tidak bisa di cas tersebut.

6. Ganti Baterai HP Android


Jika semua cara di atas belum bisa memperbaiki proses charging hp yang lumayan lama, maka langkah terakhir adalah dengan mengganti baterai perangkat android tersebut.

Faktor umur pakai hp android, kondisi fisik baterai yang kembung bisa menjadi penyebab baterai hp lama penuh saat mengisi daya.

Dan ciri - ciri baterai hp android yang mulai rusak dapat kamu lihat dari daya baterai yang cepat terkuras habis.

Akhir Kata

Jadi jika charger hp lama mengisi daya sebaiknya coba ganti dengan charger yang memiliki fitur fast charging atau charger dengan output 2 Ampere dan tegangan 5 Volt.

Demikian pertemuan kita kali ini, jika kamu memiliki cara lain untuk mengatasi charger hp yang rusak silakan bagikan pada kolom komentar.

Sekian dan terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

close