Breaking

Selasa, 17 Oktober 2017

Alat kerja elektronika

Alat kerja elektronika, adalah alat alat yang umum dipakai dalam merakit komponen elektronika dan merakit perlatan pendukung komponen elektronika



Prinsip alat kerja elektronika untuk kelas produksi masal dan hobies sama, bedanya hanya pada kecepatan dan tenaga yang dipakai. Untuk industri hasil kerja untuk banyak orang umumnya menggunakan alat alat kerja modern seperti solder wave machine. Tentu berbeda dengan untuk hobies yang hasilnya hanya untuk sendiri  atau hanya untuk beberapa orang. Alat kerja utama para hobies antara lain.

Solder dan timah
Digunakan untuk mencairkan timah dengan cara pemanasan, cairan dari timah ini kemudian digunakan sebagai perekat kaki kaki komponen elektronika. Suhu solder umumnya berkisar dari 200 derajat celcius hingga 400 derajat celsius. Tipe dari solder ada yang tembak dan ada yang batang.






Timah solder dipakai sebagai perekat kaki kaki komponen elektronika, timah solder  umumnya menggunakan alloy dengan perbandingan 60/40 diameter 0,8 mm dengan titik cair 190 derajatC atau 63/37 dimater 0,8 mm dengan titik cari 183 derajatC.

                             













Flux/pasta solder
Digunakan untuk memudahkan timah mencair sehingga memudahkan proses penyolderan, karena sifat flux yang bisa menghilangkan lapisan oksidasi baik di ujung solder, timah dan juga papan pcb.




Multimeter

Alat ukur serbaguna yang bisa mengukur tegangan, voltase dan juga ampere.




Obeng plus minus

Alat yang dipakai untuk pengunci baut baut atau mengendorkan baut dengan tipe plus dan minus






Penyedot sisa solder / solder sucker

Alat yang dipakai sebagai penyedot timah patri di kaki kaki komponen agar bisa dilepas. Ini dilakukan jika komponen terindikasi rusak dan perlu diganti.










Tang potong, tang pengupas kabel dan tang pembengkok

Alat Yang dipakai saat kita bekerja melepas komponen yang tidak bisa dilakukan dengan tangan, Karena ukurannya yang terlalu kecil atau karena terlalu panas saat menyeolder.



Solder wick

Adalah alat bantu untuk membersihkan sisa sisa timah yang sulit dibersihkan










Kipas / FAN

Kipas disini dipakai untuk menyedot uap timah dari hasil penyolderan karena uap timah sangat berbahaya jika masuk ke paru paru.



Demikian alat kerja elektronika untuk para hobies, Sobat juga bisa membaca artikel mengenai transistorresistorkapasitortransformator atau IC di blog ini. semoga bermanfaat..salam :)



ref : https://electronics.stackexchange.com
ref : element14 presents

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

close