Breaking

Selasa, 25 Desember 2007

Beli Kayu Lewat SMS

Story - Teak wood - Trade

Perum Perhutani Jawa Tengah, Kesatuan Bisnis Mandiri (KBM) Pemasaran Kayu Wilayah I (Tegal)melakukan terobosan pasar guna peningkatan kualitas layanan konsumennya. Kini, siap melayani pembelian kayu per sms (layanan pesan singkat) melalui pesawat ponsel bagi siapa pun. Cukup ketik barang yang diminati lalu kirim bersama kode bukti transfer uang via Bank maka kayu dapat langsung diambil.

General Manajer (GM) KBM Pemasaran Kayu Wilayah I (Barat) Perhutani Jawa Tengah, Ir.SRS Wibowo, di kantornya, Jalan Menteri Supeno- Tegal, menyampaikan tentang teknik baru dalam pemasaran tersebut.

“Cukup kirim bukti transfer lalu sebutkan jenis dan harga kayu yang diminati bersama lokasi barang dimaksud maka selanjutnya langsung kami persilakan untuk mengambilnya segera,” tutur SRS Wibowo.

Terobosan teknik pelayanan model baru ini jelas cukup mengejutkan kalangan konsumen pengguna kayu Perhutani. Pasalnya, sehingga kini, kesan bahwa tidak mudah mendapatkan kayu dari Perhutani masih kuat membekas di benak umumnya konsumen kayu. Namun kini persepsi buruk itu sudah laik ditepis.

Sebelumnya, sudah menjadi rahasia umum, bahwa untuk dapat berhubungan dengan pihak Perhutani, peminat kayu harus melalui lika-liku lapisan komunitas broker yang bergerak ibarat sindikat.

Praktik ala sindikasi broker kayu tersebut lazimnya menghidupkan tradisi adu kuat pemberian upeti bagi aparat pemasaran kayu Perhutani.

Sekarang, siapa pun yang telah siap dana dan berminat beli kayu Perhutani, sepanjang stok barang dimaksud masih tersedia, dapat dengan mudah berhubungan langsung dengan Perhutani.

Cara baru yang bikin nyaman calon pembeli ini telah dibuktikan efektivitasnya oleh kalangan pengguna kayu. Termasuk sejumlah muka baru yang tidak dikenal sebelumnya sebagai pembeli kayu Perhutani.

“Para pembeli seperti ini pada umumnya tidak saya kenal secara langsung. Bahkan ada yang sudah berkali-kali transaksi tapi orangnya sama sekali belum saya kenal. Seperti baru saja ada seseorang yang bersedia membeli kayu jati jenis doreng dalam jumlah besar,” ungkap Wibowo.

Kayu jati jenis doreng di kalangan pembeli tradisional kayu Perhutani kurang diminati. Dengan teknik pemasaran lewat sms terbukti terjual ribuan kubik kayu jati doreng, sehingga per tanggal 30 Maret lalu persediaannya nyaris habis. (SJTE)

Tiga Cara Beli Kayu via SMS:

(Cara pertama/peminat yang sudah tahu letak dan harga barang yang akan dibeli):
1. Kirimkan bukti setoran/transfer uang via bank/melalui faximilie atau pun sms kepada nomor telpon kantor KBM (0283-351183)/ponsel (08123459809) GM Pemasaran Kayu Wilayah I (Tegal) Perhutani Jawa Tengah.
2. GM atau petugasnya akan seketika menjawab sekaligus menyampaikan pesanan dimaksud/perintah pelayanan kepada aparatnya di lokasi barang/tempat penjualan.
3. Pembeli dapat langsung mengangkut barangnya.

(Cara kedua/peminat yang sudah lihat barang tapi ingin tahu harga dan kepastian telah terjual atau belum):
1. Ketik dan kirimkan pertanyaan dimaksud lalu tunggu jawaban,
2. Jika jawabannya ya, silakan berlanjut dengan proses transaksi seperti cara pertama.

(Cara ketiga/peminat yang ingin mengetahui persediaan kayu Perhutani Jawa Tengah di Wilayah Pemasaran I):
1. Ketik dan kirim pertanyaan ke nomor telpon kantor KBM Pemasaran Wilayah I Perhutani Jawa Tengah/ponsel GM Tegal, lalu tunggu jawabannya,
2. atau jika mau menyempatkan diri bisa langsung datang kantor KBM Pemasaran Kayu Wilayah I Perum Perhutani Jawa Tengah di Jalan Menteri Supeno I no 3, Tegal, Jawa Tengah. (sjte)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

close