Breaking

Jumat, 01 Mei 2020

Layar HP Mati Setelah Jatuh Teratasi Dalam 10 Menit ? Coba Cara Ini !

Layar hp ngeblank adalah suatu kondisi dimana layar hp tiba tiba mati tapi mesin hidup, istilahnya "blank screen" yang pasti sering kamu dengar. Masalah layar LCD Android jadi hitam padahal mesin tidak mati ini sering kali terjadi setelah terjatuh.

Namun tidak selalu karena jatuh, sebab hp hidup tapi layar tidak menyala ini juga memiliki banyak faktor penyebabnya. Mulai dari sistem error sampai kerusakan komponen perangkat itu sendiri.

Lantas bagaimana cara mengatasi layar hp gelap karena jatuh tapi mesin masih hidup tersebut ?

Inilah yang baru saya alami beberapa waktu lalu, dimana hp ada suara tapi layar tidak dapat dihidupkan. Sempat ingin langsung ganti LCD HP Android akibat layar hp hitam pasca terjatuh tersebut.

Akan tetapi setelah mencari tahu penyebab dan solusinya di berbagi forum dan sumber lainnya, akhirnya masalah hp hidup tapi layar gelap bisa normal kembali hanya dalam 10 menit saja.

baca juga : Cara Mengatasi Layar HP Bergaris dan Goyang



Penyebab HP Hidup Tapi Layar Mati


Sebelum mulai memperbaiki layar LCD yang hitam di hp android tersebut, pastikan kondisi mesin perangkat android masih hidup.

Dan untuk memastikan bahwa kondisi mesin HP Android tidak mati ketika layar tidak mau dihidupkan, kita mengecek hp tidak melakukan beberapa hal seperti berikut :

1. Terlalu Sering Menggunakan Banyak Aplikasi Secara Bersamaan

Penggunaan aplikasi yang berlebihan dapat menjadi salah satu penyebab HP Android ngeblank dan layar tidak merespon jika disentuh. Ini terjadi karena beban pada RAM terlalu besar karena kinerja RAM dipaksa untuk bekerja secara tidak wajar.

2. Menggunakan HP Android Sambil Dicas

Kita perlu tahu bahwa akan ada kenaikan suhu di beberapa perangkat keras di dalam ponsel Android yang sedang diisi dayanya. Kondisi arus listrik masuk yang tidak stabil membuat ponsel terasa lebih hangat saat mengisi daya.

Karena itu, tidak menutup kemungkinan ponsel Android tiba-tiba berkedip seperti layar mati jika kita menggunakannya saat sedang mengisi daya.

3. Internal Memori Penuh

Selain RAM, memori internal juga memainkan peran penting dalam kinerja smartphone Android. Dan penyimpanan internal penuh akan mengakibatkan sensitifitas layar sentuh menjadi berkurang.

baca juga : Cara Memperbaiki Hp Yang Tidak Bisa Disentuh Sama Sekali

4. Mainkan Game Tanpa Henti

Hindari bermain game sampai baterai habis, sebab tegangan bisa berkurang jika ini sering kamu lakukan, terlebih lagi pada hp dengan baterai tanam.

Jika kamu biarkan biasanya akan timbul masalah lampu indikator hidup tapi hp mati dan tidak bisa dicas.

5. Kerusakan Komponen HP Android

Layar hp blank hitam tapi hidup juga dapat dikarenakan kerusakan komponen, salah satunya karena kerusakan layar perangkat itu sendiri jika pernah terjatuh atau kena air.

Ciri - cirinya jika kondisi layar retak dan tidak muncul gambar hanya hitam saja, bisa dipastikan kerusakan ada pada layar lcd setelah hp terjatuh tersebut.

Cara Mengatasi Layar HP Android Hitam Setelah Terjatuh (Dark Display Problem)

cara mengatasi layar hp hitam karena jatuh

Kerusakan pada layar hp android yang gelap tidak ada tampilan setelah terjatuh terbagi menjadi 2 bagian, yakni mesin masih hidup dan mesin mati.

Sebenarnya cara mengatasi layar hp hitam karena jatuh sudah pernah saya bahas pada postingan sebelum ini.

11 cara mengatasi layar hp blank hitam

.. namun kali ini akan lebih saya fokuskan lagi untuk memperbaiki layar samsung mati tapi mesin hidup.

Untuk memperbaikinya tentu juga akan berbeda pula, tergantung bagaimana kerusakannya. Maka dari itu berikut solusi hp blank hitam tersebut :

1. Layar HP Hitam Mesin Tidak Nyala


Selain karena terjatuh, menggunakan hp android sampai baterai habis juga bisa berakibat hp mati tidak bisa dihidupkan. Hal itu terjadi karena tegangan baterai yang terlanjur ngedrop.

Maka dari itu bagi kamu yang suka bermain game online sampai baterai habis, berikut cara mengatasi layar hp mati tidak bisa dicas tersebut :

  1. Pertama lepas baterai hp android kamu.
  2. Setelah itu biarkan sekitar 1 sampai 3 menit.
  3. Lalu pasang baterai dan hubungkan ke pengisi daya.

Apabila beberapa saat kemudian indikator charging hp bisa muncul maka layar hp gelap tersebut disebabkan karena tegangan baterai yang sudah terlanjur ngedrop.

Bagi kamu pengguna hp dengan baterai tanam, cara mengatasi layar hp hitam tapi nyala baterai tanam cukup dengan melepas socket baterainya saja. Caranya :

  1. Buka casing belakang hp android. Lakukan dengan hati - hati karena ada beberapa tipe android yang menempel pada socket casing tersebut.
  2. Setelah itu lepas socket baterai hp.
    cara mengatasi layar hp hitam tapi nyala baterai tanam
  3. Diamkan 1 sampai 3 menit lalu pasang kembali.
  4. Tutup kembali casing belakang kemudian isi daya hp kamu tersebut.

Meskipun cara mengatasi hp ngeblank baterai tanam sebenarnya mudah dilakukan, kamu harus tetap berhati - hati setiap langkahnya ya gais ..

2. Layar HP Blank Hitam Tapi Mesin Hidup


Jika setelah terjatuh, hp masih bisa terima telpon suara terdengar tapi layar mati besar kemungkinan penyebabnya ada pada LCD Android tersebut.

Agar lebih mudah memastikannya, periksa pada bagian layarnya.

Jika terdapat goresan ataupun retak pada layar setelah hp terjatuh, besar kemungkinan penyebab hp hidup tapi layar gelap adalah kerusakan pada layar LCD hp tersebut.

Berikut cara memperbaiki layar HP Samsung J5  blank hitam tapi hidup yang saya lakukan :

  1. Pertama buka casing belakng hp samsung.
  2. Lalu di atas baterai sebelah kiri terdapat semacam cover, kamu buka saja menggunakan obeng kecil.
  3. Setelah terbuka akan terlihat socket layar HP Samsung J5.
  4. Lepas secara pelahan socket / kabel flexibel layar tersebut. Kemudian diamkan sekitar 1 menit.
    layar samsung mati tapi mesin hidup
  5. Pasang kembali socket tersebut dan coba hidupkan hp samsung kamu tersebut.

Jika layar hp berhasil nyala, kemungkinan sumber masalahnya adalah socket layar yang kendor pasca terjatuh sehingga gambar tidak bisa muncul.

Namun apabila mesin sudah nyala tapi layar hp masih mati, solusi terakhir adalah dengan mengganti layar lcd yang baru. Tidak dipungkiri layar hp merupakan komponen yang rentan rusak jika sering terjatuh.

Akhir Kata

Saran saya agar terhindar dari masalah layar lcd, sebaiknya gunakanlah pelindung hp semacam armor case ataupun sejenisnya.

atau bisa juga kamu tambahkan lagi tempered glass supaya layar hp tidak mudah retak. Namun jika sudah terlanjur retak, selama layar sentuh masih berfungsi kamu bisa mensiasatinya seperti postingan saya yang membahas cara mengatasi layar hp retak.

Semoga pertemuan kali ini bisa membantu kamu dalam mengatasi layar hp hitam setelah hp terjatuh tersebut. Dan jangan ragu untuk memberikan komentar jika ada hal yang ingin dipertanyakan.

Sekian dan terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

close