Breaking

Jumat, 08 Mei 2020

Cara Mengatasi Baterai HP Yang Tidak Bisa Penuh Ketika Dicas

Baterai HP Tidak Penuh - Bagaimana cara memperbaiki baterai hp dicas tidak bisa penuh ? Masalah hp di cas tidak mau penuh tentu pernah kamu alami. Bukan hanya baterai hp lama penuh tapi saat di cas tidak bertambah.

Umumnya persentase batre menunjukan 100% atau ada perubahan warna lampu indikator charging sebagai tanda baterai hp android penuh setelah dicas. Namun terkadang baterai stuck di 50 atau malah baterai hp tidak naik saat di charge.

Lantas bagaimana cara mengatasi baterai hp yang tidak bisa penuh tersebut ?

Selain charger dan kabelnya, kamu juga harus memperhatikan kesehatan pada baterai hp android itu sendiri, sebab kondisi baterai hp yang rusak bisa menjadi penyebab ngecas hp tidak penuh. Biasanya baterai hp yang bermasalah akan menjadi panas serta baterai tidak bisa full ketika dicharge.

Dan jika saya menjumpai masalah tersebut, solusinya adalah dengan menggunakan airplane mode saat ngecharge agar baterai hp android cepat penuh saat mengisi daya. Namun jika belum berhasil, berikut beberapa cara mengatasi baterai hp dicas tidak penuh penuh yang saya lakukan.

Cara Memperbaiki Baterai HP Yang Tidak Bisa Penuh Saat Dicas

cara mengatasi baterai hp yang tidak bisa penuh

1. Memastikan Port Charger USB Jika Baterai Tidak Bisa Penuh


Masalah pada konektor charger mengakibatkan tidak bisa mengecas baterai ponsel karena arus tidak masuk. Misalnya saja komektor hp yang longgar ataupun terganjal kotoran.

Maka dari itu cara memperbaiki port charger hp rusak / longgar tersebut, adalah :

  • Pertama, bersihkan lubang konektor hp dari kotoran yang ada.
  • Kedua, gunakan benda kecil, tipis dan panjang untuk mengubah posisi konektor hp tersebut. Arahkan ke atas / ke bawah agar tidak longgar.

2. Ganti Adaptor Charger Dan Kabel USB


Alangkah lebih baiknya jika kamu menggunakan charger dan kabel usb yang orisinil atau sesuai bawaan ponsel. Jika memang tidak ada, setidaknya cari charger dengan ampere yang sama charger aslinya.

Penggunaan charger dan kabel charger yang sembarangan dapat memperpendek umur baterai hp karena arus listrik yang tidak sesuai.

Agar lebih mudah dipahami, coba lihat video di bawah ini :


3. Diamkan HP Beberapa Saat


Diamkan hp sejenak supaya kondisi hp tidak terlalu panas, sebab kondisi suhu yang terlalu panas berakibat baterai hp dicas malah habis dan berkurang sendiri.

Bila perlu matikan hp android dan lepas semua komponen seperti baterai, kartu sim dan kartu memori. Setelah 3 sampai 5 menit baru aktifkan kembali hp android kamu tersebut.

Namun bagaimana jika hp keluaran terbaru sekarang ini menggunakan baterai tanam ?

Cara mengatasi hp tidak bisa di cas batre tanam yang paling cukup ampuh yakni dengan melepas konektor baterai dari socketnya selama 1 sampai 2 menit.

Namun kamu harus melepas casing belakang dan beberapa cover penutup konektor baterai tanam tersebut terlebih dahulu jika ingin melakukannya.

Akan tetapi jika kamu tidak ingin melakukan hal tersebut, saya sudah pernah membahas cara lain untuk mengatasi hp dicas tidak bisa penuh pada postingan sebelum ini. Disana lebih lengkap pembahasannya.

cara mengatasi baterai hp dicas tapi malah berkurang

4. Periksa Kesehatan Baterai HP


Baterai hp rusak atau mulai soak dapat menjadi alasan kenapa hp dicas tidak nambah. Untuk itu kamu perlu memeriksa kondisi baterai kamu jika hp kamu lama penuh meskipun di cas berjam - jam.

Kamu bisa memeriksa mulai dari kondisi permukaan baterai, apakah kembung atau tidak.

Jika terdapat perubahan maka coba ganti baterai hp tersebut karena normalnya performa batre akan berkurang ketika berusia 2 tahun sejak pertama kali dipakai.

Kamu juga bisa menggunakan aplikasi untuk mengecek kesehatan baterai hp yang tidak bisa penuh dayanya, misalnya saja seperti :

1. Ampere


Pada dasarnya Aplikasi Ampere berfungsi untuk mengidentifikasi berapa banyak arus yang masuk dari perangkat saat dicas. Selain itu, apakah HP sedang di isi daya dan berapa banyak daya yang telah terisi juga dapat terdeteksi dengan aplikasi tersebut.

Jadi jika kamu ingin melihat metode pengisian mana yang terbaik karena masalah baterai hp yang tidak bisa penuh saat mengisi daya, Aplikasi Ampere ini sangat cocok buat kamu.

2. Repair Battery Life PRO 


Aplikasi Repair Battery Life PRO dapat membantu kamu untuk mengecek seputar baterai, mulai dari sisa daya, suhu, arus dan lainnya.

Selain itu aplikasi ini juga dapat digunakan untuk melakukan kalibrasi ulang baterai agar normal kembali.

Jadi jika baterai hp saat di cas tidak bertambah dan persentase tidak akurat, aplikasi tersebut akan memperbaikinya.

3. Battery Life


Sebenarnya Aplikasi Baterai Life ini tidak jauh berbeda dengan 2 aplikasi di atas. Namun aplikasi ini ditambahi dengan fitur untuk melakukan uji perangkat, membersihkan memori atau lainnya.

Yang saya suka dari Aplikasi Baterai Life ini adalah adanya fitur yang dapat menghitung lama waktu hp perlu di isi ulang lagi setelah baterai di cas penuh.

Sekarang giliran kamu mencoba ..

Langkah mana yang akan kamu coba terlebih dahulu untuk mengatasi hp yang tidak bisa penuh baterainya. Apakah mengganti kabel charger ? atau memperbaiki konektornya ?

Selama bukan masalah hp dicas tapi tidak mengisi kamu belum perlu mengganti baterai terlebih dahulu, cara di atas cukup efektif untuk diterapkan di semua hp android seperti Xiaomi, Vivo, Oppo, Lenovo, Asus dan juga Samsung.

Sekian dan terima kasih ..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

close