Breaking

Selasa, 17 Desember 2019

Penjelasan Mengenai Authentication Dan Authorization

Definisi

Authentication merupakan proses untuk memastikan suatu pengenalan atau memastikan suatu pengakuan. Jadi pada authentication ini akan memastikan siapakah sebenarnya yang telah berinteraksi dengan system
Authorization adalah proses selanjutnya setelah authentication berhasil. Sistem akan memberikan akses sesuai kebijakan yang sudah ditentukan sebelumnya. Di sini sistem akan memberikan batasan akses yang akan diberikan kepada karyawan yang sudah login tersebut. Tentu saja sebelumnya sudah ada rancangan pembatasan akses untuk mencegah terjadinya fraud atau kecurangan dalam perusahaan.
 
 
Perbedaan Authentication Dan Authorization

       Authentication : adalah proses untuk memastikan bahwa pelaku adalah benar-benar pelaku. Proses ini memastikan supaya kalau ada yang mengaku sebagai orang lain bisa terdeteksi sebagai orang lain. Demikian juga jika memang benar pelaku, maka proses juga dapat memastikan bahwa yang mengaku sebagai pelaku benar-benar sebagai pelaku.
       Authorization : Setelah proses authentication berhasil maka proses selanjutnya adalah authorization. Dalam proses authorization ini akan ditentukan menu apa saja yang bisa dijalankan oleh user tersebut. Biasanya setiap user sudah diberikan role-role tertentu dalam menjalankan aplikasi yang telah dibangun.
  


Jenis Authentication Dalam Jaringan
       Wired Equivalent Privacy (WEP) : suatu metode pengamanan jaringan nirkabel, Enkripsi WEP menggunakan kunci yang dimasukkan (oleh administrator) ke client maupun access point. Kunci ini harus cocok dari yang diberikan akses point ke client, dengan yang dimasukkan client untuk autentikasi menuju access point
       Wi-Fi Protected Access (WPA) :  WPA menggunakan metode TKIP (Temporal Key Integrity Protocol) yang mampu berubah secara dinamis. Protokol TKIP akan mengambil kunci utama sebagai starting point yang kemudian secara reguler berubah sehingga tidak ada kunci enkripsi yang digunakan dua kali.

       Wifi Protected Access II (WPA2) : Teknologi keamanan jaringan yang biasa digunakan pada jaringan nirkabel Wi-Fi . Ini merupakan peningkatan dari teknologi WPA asli, yang dirancang sebagai pengganti WEP yang lebih lama dan jauh lebih tidak aman.

 
Penerapan  Authentication Dan Authorization dalam perangkat lunak

       Windows
       Google Chrome
       Firmware
       Facebook
       ASP.NET

  




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

close