Di zaman sekarang ini (jaman now, kata generasi milenial) , memahami cara menganalisis dan mengekstrak makna sebenarnya dari wawasan digital yang tersedia untuk bisnis kita, adalah salah satu pendorong utama kesuksesan.
Terlepas dari volume data yang sangat besar yang kita buat setiap hari, hanya 0,5% yang benar-benar dianalisis dan digunakan untuk penemuan, peningkatan, dan kecerdasan data. Meskipun itu mungkin tidak banyak, mengingat jumlah informasi digital yang kita miliki, setengah persen masih menyumbang sejumlah besar data.
Dengan begitu banyak data dan begitu sedikit waktu untuk mengetahui cara mengumpulkan, membuat, mengatur, dan memahami semua informasi yang berpotensi meningkatkan bisnis ini bisa menjadi ladang ranjau yang berbahaya bagi kita sendiri, tetapi dengan analisis data online yang benar, hal ini bisa menjadi solusi.
Metode analisis data fokus pada pendekatan strategis untuk mengambil data mentah, menambang untuk wawasan yang relevan dengan tujuan utama bisnis, dan menelusuri informasi ini untuk mengubah metrik, fakta, dan angka menjadi inisiatif yang menguntungkan peningkatan bisnis.
Ada berbagai metode untuk analisis data, sebagian besar didasarkan pada dua bidang inti:
- metode analisis data kuantitatif dan
- metode analisis data dalam penelitian kualitatif.
Memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang berbagai teknik untuk analisis data, dan metode dalam penelitian kuantitatif serta wawasan kualitatif, akan memberikan upaya analisis informasi arah yang lebih jelas, jadi sebaiknya luangkan waktu untuk memungkinkan pengetahuan khusus ini meresap.
Sekarang setelah menjawab pertanyaan, 'apa itu analisis data?', Yang mempertimbangkan berbagai jenis metode analisis data, sekarang saatnya untuk menggali lebih dalam tentang bagaimana melakukan analisis data dengan bekerja melalui 10 elemen penting ini
1. Berkolaborasi dengan kebutuhan
Sebelum mulai menganalisis data atau menelusuri teknik analisis apa pun, penting untuk duduk bersama dengan semua pemangku kepentingan utama dalam organisasi , memutuskan kampanye utama atau tujuan strategis , dan mendapatkan pemahaman mendasar tentang jenis wawasan yang akan manfaat terbaik kemajuan atau memberi tingkat visi yang butuhkan untuk mengembangkan organisasi .
2. Tetapkan pertanyaan
Setelah menguraikan tujuan inti , harus mempertimbangkan pertanyaan mana yang perlu dijawab untuk membantu mencapai misi . Ini adalah salah satu teknik analisis data yang paling penting karena akan membentuk fondasi kesuksesan .
3. Memanen data
Setelah memberikan arahan metodologi analisis data dan mengetahui pertanyaan mana yang perlu dijawab untuk mengekstraksi nilai optimal dari informasi yang tersedia untuk organisasi , harus memutuskan sumber data yang paling berharga dan mulai mengumpulkan wawasan - yang paling mendasar dari semua teknik analisis data.
4. Tetapkan “Key Performance Indicators” (KPI)
Setelah menetapkan sumber data, mulai mengumpulkan data mentah yang pertimbangkan untuk menawarkan nilai potensial, dan membuat pertanyaan tebang habis yang ingin dijawab wawasan , perlu menetapkan sejumlah indikator kinerja utama (KPI) yang akan membantu melacak, mengukur, dan membentuk kemajuan di sejumlah bidang utama.
KPI sangat penting untuk kedua metode analisis data dalam penelitian kualitatif dan metode analisis data dalam penelitian kuantitatif. Ini adalah salah satu metode utama untuk menganalisis data yang tentu saja tidak boleh abaikan.
… bersambung ….
Sumber / Referensi :
Beberapa laman di internet yang diakses dari 2016-2019
Tidak ada komentar:
Posting Komentar