Breaking

Jumat, 01 Juni 2018

Mengenal AJAX di HTML

Ajax kepanjangan dari Asynchronous javascript  xml dari namanya tersisip bahasa pemrograman javascript. Ajax adalah metode update  sebagian konten  website tanpa melakukan update keseluruhan. 

Saat kita akses website pada dasarnya web bekerja hanya sekali load content jika sewaktu-waktu ada perubahan dari sumber kita tidak akan otomatis menerima update kecuali kita refresh dengan cara menekan F5 atau tutup browser dan buka lagi, inilah yang memicu lahirnya Ajax. Semua metode ini menggunakan program javascript.

Teknologi ini membantu kita untuk memuat data dari server secara dinamis tanpa perlu melakukan refreshing browser. Salah satu library yang dipakai adalah jQuery. JQuery merupakan tools AJAX yang cukup mudah digunakan yang dapat dipakai untuk mengembangkan aplikasi web dinamis.
Berikut ini contoh penggunaan Ajax yang penulis dapat dari 3wschool. Dari contoh dibawah kita bisa melihat adanya library yang diimpor ke html berupa library ajax yang kemudian, melakukan load file txt dan melakukan update elemen div1 yang merupakan elemen DOM


<!DOCTYPE html>
<html>
<head>
<script src="https://ajax.googleapis.com/ajax/libs/jquery/3.3.1/jquery.min.js"></script>
<script>
$(document).ready(function(){
    $("button").click(function(){
        $("#div1").load("demo_test.txt");
    });
});
</script>
</head>
<body>

<div id="div1"><h2>Let jQuery AJAX Change This Text</h2></div>

<button>Get External Content</button>

</body>
</html
>


 


Demikian artikel sederhana mengenal Ajax semoga bermanfaat dan mencerahkan.. :)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

close