Breaking

Sabtu, 16 Mei 2015

Mari Mengenal Hypnosis Modern

       



       Hipnotis telah dipelajari secara ilmiah lebih dari 200 tahun. Banyak studi klinis dan eksperimental mencoba menentukan apa yang paling unik dari hipnotis dibanding fenomena mental lainnya. Keunikan ini perlu dipahami untuk merumuskan sebuah definisi hipnotis yang akurat. Namun sampai sekarang, definisi hipnotis yang diungkapkan setiap tokoh masih berbeda-beda. Semua orang setuju adanya sesuatu yang dinamakan hipnotis, tapi berbeda pendapat mengenai apa itu hipnotis. Saya sendiri merupakan salah satu dari Alumni yayasan Hypnosis di salah satu kota di Jawa Barat yaitu Bogor Hypno Center, alhamdulillah sudah mendapat sertifikat dari yayasan tersebut dan yayasan IBH. Saya sendiri masih bergelar CH (certified hypnotis). Sewaktu pelatihan trainer saya memaparkan beberapa definisi dari hypnosis. Beberapa definisi tentang hipnotis yang pernah diungkapnya diantaranya:

· Hipnotis adalah suatu kondisi yang menyerupai tidur yang dapat secara sengaja dilakukan
kepada seseorang, di mana seseorang yang dihipnotis bisa menjawab pertanyaan yang
diajukan, serta lebih mudah menerima sugesti.

· Hipnotis adalah praktek mempengaruhi orang lain agar mengikuti apa yang diperintahkan
oleh ahli hipnotis.

· Hipnotis adalah suatu kondisi pikiran yang terpusat sehingga tingkat sugestibilitas (daya
terima saran) meningkat sangat tinggi.

· Hipnotis adalah seni komunikasi untuk mempengaruhi seseorang sehingga mengubah
tingkat kesadarannya, yang dicapai dengan cara menurunkan gelombang otak dari Beta
menjadi Alpha/Theta.

· Hipnotis adalah seni eksplorasi alam bawah sadar.





       Banyak orang bertanya seperti apakah kondisi hipnotis. Sulit untuk menjelaskan seperti apa rasanya hipnotis kalau Anda belum mencobanya sendiri. Namun sebagai gambaran umum, saya bisa jelaskan bahwa kondisi hipnotis tidak berbeda jauh dengan kondisi hampir tertidur yang Anda alami setiap hari. Ketika seluruh tubuh Anda sudah rileks, pikiran Anda tenang, hampir tertidur dan masih bisa mendengar suara di sekitar Anda, kurang lebih seperti itulah kondisi hipnotis. Ketika Anda dihipnotis, Anda akan merasakan seluruh tubuh rileks, pikiran fokus, perasaan damai, dan Anda tetap bisa mendengar suara di sekitar Anda. Bahkan Anda tetap bisa menolak sugesti yang melanggar keyakinan atau merugikan diri Anda.

           Seperti bidang ilmu lainnya, ilmu hipnotis terus ber-evolusi untuk mencapai kesempurnaannya dalam teori dan praktek. Hipnotis yang ada sekarang sudah sangat maju dibanding hipnotis 200 tahun yang lalu. Para tokoh yang menggunakan hipnotis mencoba merumuskan hipnotis secara ilmiah dan juga menemukan berbagai teknik baru yang efektif. Kali ini kita akan mengulas sejarah hipnotis melalui peran para tokoh hipnotis yang terkenal dari masa ke masa. Penggunaan hipnotis sudah ada sebelum sejarah itu sendiri tercatat. Tentu saja waktu itu hipnotis belum dikenal dengan nama hipnotis. Hipnotis pada masa dulu dipraktekkan dalam ritual agama maupun ritual penyembuhan. Dewasa ini praktek hipnotis modern telah dapat mengatasi berbagai masalah dan digunakan sebagai terapi atau yang biasa dikenal dengan istilah hypnoterapi. Hipnoterapi bisa berperan dalam bidang kecantikan, kedokteran, kebidanan, kesehatan tubuh dan pikiran, masalah psikologi, masalah anak dan remaja, pengembangan diri, masalah seksual, bahkan untuk sekedar hiburan dan rekreasi mental.

          Sekian tulisan dari saya kali ini. Terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

close