Breaking

Rabu, 20 Mei 2015

7 Universitas Pencetak Ilmuwan Indonesia





        Ilmuwan di Indonesia cukup berkiprah dalam hal penelitian proyek-proyek internasional. Sebanyak 200 peneliti Indonesia masuk daftar Ilmuwan Terpopuler di dunia. Webometrics mengungkapkan bahwasanya 200 ilmuwan tesebut masuk kedalam Google Scholar Citation (GCS) yang merangkum database dari para peneliti tersebut.
       Lingkup Indonesia, peneliti dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Suharyo Sumowidagdo, menjadi ilmuwan paling top versi GSC. Kutipan Suharyo setidaknya digunakan sebanyak 34.861 kali.

        Institut Pertanian Bogor menjadi PTN no.1 yang menyumbangkan nama-nama lulusannya menjadi ilmuwan terpopuler tersebut. Hal ini dapat menunjukkan bahwa IPB merupakan salah satu PTN yang konsistensinya bisa diunggulkan. IPB sendiri menyeleksi ketat para calon-calon guru besarnya. Imbasnya, kegiatan belajar mengajar yang dilakukan di IPB sangatlah cocok untuk mahasiswa yang benar-benar ingin menempa dirinya agar terdidik. PTN tersebut dapat menjadi referensi teman-teman yang saat ini sedang bingung memilih PTN mana yang akan dituju. Semoga harapan teman-teman semua dapat terwujud dengan masuk salah satu PTN impian teman-teman.



LIPI sendiri berhasil menelurkan 13 peneliti yang paling banyak dikutip di mesin GSC.

Berikut adalah 7 Universitas dengan ilmuwan paling top versi GSC:
1. Institut Pertanian Bogor: 34 ilmuwan
2. Universitas Indonesia: 21 Ilmuwan
3. Universitas Gadjah Mada: 16 ilmuwan
4. Institut Teknologi Bandung: 12 ilmuwan
5. Universitas Diponegoro: 11 ilmuwan
6. Universitas Padjadjaran: 9 ilmuwan
7. Universitas Brawijaya: 7 ilmuwan
Sekian

Sumber artikel: webometrics.info

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

close